Senin, 18 April 2016

Resep Suspensi Vitel Ovi



















Tujuan :
Pembuatan suspensi oral
Kelengkapan Resep :
  1. Nama, alamat dan No SIP dokter
  2. Nama dan Tanggal penulisan resep
  3. Cara pemakaian
  4. Usia pasien
  5. Paraf dokter
Dasar Teori :
Suspensi adalah sediaan cair yang mengandung partikel padat tidak larut yang terdispersi dalam fase cair. Beberapa suspense dapat langsung digunakan, sedangkan yang lain berupa campuran padat yang harus dikonstitusikan terlebih dahulu dengan pembawa yang sesuai segera sebelum digunakan.
Sifat-sifat yang diinginkan pada suspensi :
  1. Mengendap secara lambat dan harus homogeny kembali bila dikocok ringan
  2. Ukuran partikel dari suspensoid tetap agak konstan dalam waktu lama dalam penyimpanan
  3. Dapat dituang dari wadah dengan cepat dan homogen
Suspensi oral Suspensi oral adalah sediaan cair mengandung partikel padat yang terdispersi dalam pembawa cair dengan bahan pengaroma yang sesuai, dan ditujukan untuk penggunaan oral. Beberapa suspensi yang diberi etiket sebagai susu atau magma termasuk dalam kategori ini.
Menthol
Pemerian Hablur heksagonal atau serbuk hablur; tidak berwarna; biasanya berbentuk jarum, atau massa yang melebur; bau enak seperti minyak permen.
Kelarutan Sukar larut dalam air; sangat mudah larut dalam etanol, dalam kloroform, dalam eter, dan dalam heksan; mudah larut dalam asam asetat glasial, dalam minyak mineral, dalam minyak lemak dan dalam minyak atsiri.
Sebagai antispasmodic dan relaksan otot halus pada saluran cerna bagian atas untuk prosedur endoskopi
Dosis letal oral diperkirakan 192 mg / kg; sumber lain memberikan angka yang jauh lebih tinggi seperti 2900 mg / kg
Kuning telur adalah salah satu sumber vitamin dan mineral yang baik. Kuning telur juga merupakan sumber dari lemak dan kolesterol telur, dan juga satu-perlima kandungan protein telur.
Emulgator alam
·       Kuning telur : Cara Pembuatan emulsi dengan kuning telur dalam mortir luas dan digerus dnegan stemper kuat-kuat, setelah itu dimasukkan minyaknya sedikit demi sedikit, lalu diencerkan dengan air dan disaring dengan kasa
Kuning telur mengandung lecitin ( golongan protein / asam amino ) dan kolesterol yang kesemuanya dapat berfungsi sebagai emulgator. Lecitin merupakan emulgator tipe M/A. Tetapi kemampuan lecitin lebih besar dari kolesterol sehingga secara total kuning telur merupakan emulgator tipe M/A. Zat ini mampu mengemulsikan minyak lemak empat kali beratnya dan minyak menguap dua kali beratnya.

Saccharum Album (FI edisi III, hal 762)
Hablur putih atau tidak berwarna; massa hablur atau berbentuk kubus; atau  serbuk hablur putih; tidak berbau; rasa manis, stabil diudara. Larutannya netra terhadap lakmus.
Kelarutan
Sangat mudah larut dalam air; lebih mudah larut dalam air mendidih; sangat sukar larut dalam etanol; tidak larut dalam kloroform dan dalam eter.


Formula Baku :


Perhitungan :
No
Nama Bahan
Perhitungan
Jumlah Penimbangan
1.
Mentholum
1 g
1 g
2
Vitel Ovi ( kuning telur )
1 butir
1 butir
3
Saccharum
15 g
15 g
4
Aqua
130 g setara 130 ml
130 ml

Cara Pembuatan :
  1. Ditimbang 19 gram menthol.
  2. Diambil 1 butir vitel ovi
  3. Ditimbang 15 gram Saccharum
  4. Digerus Menthol dengan bantuan etanol sampai halus ditambah dengan Vitel Ovi, campur sampai homogen.
  5. Ditambah sebagian air diaduk sampai homogen
  6. Ditambah Saccharum diaduk sampai saccharum larut dan homogen
  7. Ditambah air sedikit demi sedikit, aduk cepat sampai homogen.
  8. Dimasukkan bottol dan beri etiket








Etiket :
Warna : Putih
Signa : Diminum sekaligus
Label : Kocok dahulu
Pembahasan :
Pada praktikum kali ini dibuat sediaan suspensi dengan formula Zat aktif utama Vitel Ovi sebagai sumber nutrisi mengandung lemak, protein, vitamin dan mineral sekaligus sebagai emulgator. Vitel ovi sebagai emulgator agar menthol dapat  mudah bercampur dengan air karena Mentholum sukar larut dalam air.  Mentholum sebagai corrigen odoris untuk memperbaiki aroma suspensi agar tidak amis. Mentholum merupakan zat padat yang sukar larut dalam air.  Sacharum album sebagai  corrigen saporis untuk memperbaiki rasa dari suspensi sekaligus sebagai pengental agar suspensi lebih stabil. Air berfungsi sebagai pembawa suspensi.
Vitel ovi merupakan kuning telur ayam yang telah dipisahkan dari putih telurnya. Vitel ovi mengandung banyak lemak, protein, vitamin dan mineral sebagai sumber nutrisi.
Menthol pada resep dibutuhkan 1 g. Karena hanya sebagai corrigen odoris dan dosisnya melebihi dosis lethal maka menthol diambil hanya 1 g. Menthol sukar larut dalam air. Untuk 1 gram menthol dibutuhkan pelarut 100-1000 cc air. Untuk membantu pencampurannnya dengan air mentholum yang telah dihaluskan dicampur terlebih dahulu dengan vitel ovi. Mentholum mudah larut dalam lemak yang terkandung dalam vitel ovi. Setelah larut dalam lemak vitel ovi , protein dalam vitel ovi akan mengemulsi campuran lemak dalam pembawa air. Penambahan air dilakukan sedikit demi sedikit dan terus diaduk agar campuran mudah homogen.
Setelah campuran vitel ovi, mentholum dan air homogen, ditambahkan saccharum album. Campuran diaduk sampai homogen kemudian tambahkan sisa air diaduk lagi sampai homogen.
Suspensi merupakan sediaan yang kurang stabil dalam penyimpanan karena dapat terjadi pengendapan dari zat terdispers. Tetapi endapan sifatnya reversible dapat bercampur lagi dengan pembawa apabila dikocok. Maka pada etiket perlu diberi label “KOCOK DAHULU”  .

Kesimpulan :
Resep  diatas sebagai sumber nutrisi lemak, protein, vitamin dan mineral.

Daftar Pustaka :

  1. Anief, Moh, 1991, Ilmu Meracik Obat, Gajah Mada University Press : Yogyakarta.
  2. Anonim, 2015, Farmakope Indonesia edisi V, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia : Jakarta.
  3. Anonim, 1995, Farmakope Indonesia edisi IV, Departemen Kesehatan Republik Indonesia : Jakarta.
  4. http://wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar